Plt Kabiro Pengadaan Barang dan Jasa Minta OPD Percepat Proses Tender

Rabu, 26 Mei 2021 13:55

Andi Bakti Haruni

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel, Andi Bakti Haruni meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera mempercepat proses tender.

Sebagai orang yang baru diangkat menjadi Plt Kabiro, ia menegaskan perlunya mempercepat tender. Pasalnya, kata dia, OPD selama ini cenderung lamban meminta ditenderkan.

“Segera mi dimasukkan. Kalau tidak layak apa yang harus dilengkapi. Mereka bersinergi untuk mempercepat. Itu langkah yang pertama. Kemudian langkah yang kedua adalah tentu mendukung pelaksanaan,” kata Andi Bakti, Rabu, (25/5/2021).

“Kami siap mendukung secara sarana dan prasarananya. Kalau panitia tender mengatakan kami butuh visitasi, kami fasilitasi. Silakan, kunjungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Bakti, rata-rata setiap pekan, progres tender hanya mencapai 1,6 persen, atau sekitar 11-12 paket yang ditender. Dan itu karena OPD lambat mengajukan tender.

“Lamban memang dari OPD. Artinya apa yang mau ditender kalau tidak minta ditenderkan. Kita tidak tahu apa persoalannya. Mungkin bisa saja misalnya dia KO, mungkin petunjuk teknisnya misalnya belum turun, ujarnya.

Dalam data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Pemprov memiliki 553 paket atau sekitar Rp2,1 triliun penganggaran untuk tahun 2021.

Hingga saat ini, progres tender hanya mencapai 15,55 persen (86 paket). Terdapat 84,45 persen (467 paket) yang belum selesai ditender. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
5
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar