Punya Jarak Terdekat, Saksikan Gerhana Bulan Total Ini Disini!

Rabu, 26 Mei 2021 14:35

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — BMKG telah merilis lokasi pengamatan GBT (Gerhana Bulan Total) di masing-masing wilayah, Rabu, (26/5/2021).

Khusus untuk di wilayah Sulawesi Selatan, BMKG wilayah IV Makassar telah menentukan lokasi pengamatan GBT Lokasi pengamatan yang akan dilakukan di dua lokasi yakni, dikantor BMKG Balai IV di Jan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah No. 4, Makassar dan di Kantor BMKG Gowa di Jalan Poros Malino.

Pengamatan GBT ini juga dapat dilakukan secara virtual melalui live streaming di www.bmkg.go.id/gbt dan www.bmkg.go.id/gerhana.

Berdasarkan data BMKG, yang menarik dari GBT tahun 2021 ini, fenomena beriringan dengan terjadinya Perigee yaitu posisi bulan berada pada jarak terdekatntmya dengan bumi yaitu 363.000 kilometer.

Melalui peta visibilitas gerhana, wilayah Sulawesi Selatan berada pada zona antara garis U1 dan U2. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah Sulsel akan mengamati gerhana mulai dari fasr U2 hingga gerhana berakhir. Untuk fase awal P1 dan U1 tidal teramati. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
6
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar