Sinergitas Pengusaha-Alim Ulama Solusi Persoalan Bangsa

Rabu, 26 Mei 2021 18:53

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berbagai persoalan bangsa yang tak kunjung rampung menjadi perhatian sejumlah akademisi, aktivis hingga alim ulama. Namun KetuaForum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulsel Muhtar Daeng Lau punya formulasinya.

Dia menyebut lembaganya punya cita-cita agar mengatasi persoalan tidak dengan kekerasan, tetapi dengan diskusi. Salah satunya dengan sinergitas orang kaya (pengusaha), pekerja-pekerja sosial tanpa pamrih dan alim ulama atau tokoh agama.

“Kalau orang kaya mau menyumbangkan hartanya untuk saudara-saudara kita yang kurang mampu, setidaknya mengurangi beban negara,” kata Mukhtar dalam Dialog Kebangsaan yang digelar Serum Institute mengangkat tema “Mengokohkan Semangat Persatuan Ummat dalam bingkai NKRI Menuju Islam Rahmatan Lilalamin” di RM Torani, Rabu (26/5/2021).

Ketika banyak pekerja sosial yang bergerak di negara ini, akan membantu persoalan sosial. Tentu peran alim ulama dan tokoh agama penting dalam menjaga persatuan. Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Makassar, KH Kaswad Hartono mengatakan, NU memiliki dua tugas sejak didirikan hingga saat ini. Pertama menjaga agama, dan kedua negara. NU juga menganut tiga nilai-nilai persatuan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang sangat beragam.

“Yakni ukhuwah Islamiah, wataniah dan basariah. Kalau ini dijalankan dengan baik, saya yakin kehidupan berbangsa kita yang cukup plural akan aman damai dan baik,” tuturnya.

Penguatan Pancasila dalam bernegara disampaikan akademisi Unhas, Dr Sakka Pati, menurutnya hal itu penting dalam menjaga keberagaman dan persatuan bangsa.

Bagikan berita ini:
6
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar