Kelebihan Gula di Tubuh Bisa Sebabkan 8 Penyakit Berbahaya

  • Bagikan

Penyakit Pencernaan

Mengonsumsi makanan manis secara teratur juga dapat memperburuk kesehatan usus. Enzim yang ditemukan dalam gula dapat membunuh bakteri baik yang ada di lapisan usus besar, menyebabkan penyakit seperti keasaman, sembelit, kembung, gangguan pencernaan, dan rasa lapar. Bahkan penyakit berbahaya seperti kanker usus besar.

Kerusakan Hati

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan manis berlebih seperti alkohol, bisa berbahaya untuk hati. Molekul gula juga perlu diproses di hati selama proses pencernaan. Molekul gula ini sulit dipecah oleh hati dan membuat hati bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan kerusakan hati.

Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan seperti keriput, rambut beruban, metabolisme yang melambat, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan kelelahan terjadi secara alami jika seseorang mulai menua. Namun, jika seseorang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, termasuk makanan tinggi gula dapat menyebabkan sel-sel usia lebih cepat tua dan menyebabkan penuaan dini.

Kanker

Penelitian lain yang dilakukan di University of Texas, di Dallas, menemukan hubungan langsung antara tinggi gula dan jenis kanker tertentu. Studi ini mengatakan bahwa molekul gula dapat memberi makan sel kanker yang berkembang di dalam tubuh, membuat mereka berkembang biak pada tingkat yang lebih cepat.

Depresi

Penelitian lain yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Kolombia, telah menyatakan bahwa mengonsumsi banyak makanan manis setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit mental seperti depresi. Jumlah gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan fluktuasi bahan kimia otak seperti serotonin dan dopamine yang bisa menyebabkan depresi dan juga kecemasan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan