Raup Ratusan Juta, Begini Akal Bulus Calo dalam Aksi Tipu-tipu Calon Prajurit TNI

Kamis, 27 Mei 2021 19:02

Pelaku bernama Nursyam Huda saat ditangkap petugas.

FAJAR.CO.ID, GOWA – Lelaki bernama Nursyam kini ditahan di Kapolsek Somba Opu, Kabupaten Gowa. Dia adalah pelaku penipuan yang menguras isi kantong Usman, calon prajurit TNI yang tidak lulus.

Nursyam menipu Usman dengan iming-iming lolos jadi prajurit TNI, namun harus menyetorkan uang Rp130 juta pada sekitar 2020 lalu.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan, mengatakan, penipuan ini bermula saat keluarga Usman, mendatangi Nursyam di BTN Bumi Batara Gowa, Kabupaten Gowa pada sekitar awal 2020 lalu.

Di sana, keluarga Usman berinisial SR menceritakan seluruh keluh kesahnya kepada Nursyam. Bahkan disampaikan sampai menitihkan air mata di hadapan Nursyam.

Akal bulus Nursyam pun muncul dalam benaknya. Pada saat itu juga, dia berusaha meyakinkan SR bahwa ia punya kenalan baik dengan seorang pejabat di Kodam Hasanuddin.

“Saat bercerita panjang lebar, pelaku menyebut nama pejabat TNI untuk meyakinkan korban. Setelah yakin, SR pun pulang ke kampung halaman di Sapaya, Kecamatan Bungaya, Gowa lalu menemui Usman,” tambah Mangatas, Kamis (27/5/2021).

Melalui mulut ke mulut, akhirnya SR menyampaikan ke Usman bahwa ada Nursyam yang siap meloloskan dirinya menjadi pasukan loreng itu.

Berselang beberapa hari kemudian, SR dan Usman kembali mendatangi Nursyam. Mereka menanyakan soal jumlah uang yang harus disiapkan untuk lulus menjadi TNI.

Bagikan berita ini:
1
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar