WhatsApp Dilaporkan Blokir Ratusan Akun Jurnalis yang Bertugas di Palestina

Kamis, 27 Mei 2021 19:20

MENAHAN SAKIT: Petugas paramedis Palestina mengevakuasi seorang gadis dari reruntuhan bangunan di permukiman Rimal, Gaza...

FAJAR.CO.ID — Akun WhatsApp milik puluhan bahkan dalam laporan hingga ratusan jurnalis yang ada di Palestina telah diblokir oleh pemilik aplikasi perpesanan instan itu.

Menurut para jurnalis, WhatsApp melakukan itu usai pertempuran antara Israel dengan Hamas.

Tak lama setelah gencatan senjata pada pukul 02:00 pada Jumat (21/5) atau Kamis (20/5) pukul 23.00 waktu GMT, dua jurnalis di biro AFP Kota Gaza menerima pemberitahuan dari WhatsApp bahwa akun mereka diblokir.

Jurnalis lain di Yerusalem dan Tepi Barat seperti dikutip dari France 24 mengatakan hal serupa. Mereka mengatakan, akun WhatsApp-nya telah diblokir.

Seorang kru dari saluran berita yang berbasis di Qatar, Al Jazeera, mengatakan akun mereka kemudian telah dipulihkan setelah mereka mengajukan keluhan kepada pemilik WhatsApp, Facebook.

Wakil presiden Sindikat Jurnalis Palestina, Tahseen al-Astall, mengatakan, pemblokiran akun dialami sekitar 100 wartawan di Gaza.

Sementara itu, Pusat Pengembangan Media Sosial Arab mengatakan pemblokiran akun WhatsApp bukanlah insiden yang terisolasi.

Dalam sebuah laporan baru, kelompok yang berbasis di kota ketiga Israel, Haifa, mendokumentasikan 500 kasus terkait hak digital Palestina yang telah dilanggar pada 6 Mei dan 19 Mei 2021.

“Konten dan akun dihapus, dikurangi dan dibatasi, tagar disembunyikan, dan konten yang diarsipkan dihapus. Sebanyak 50 persen dari laporan ini adalah tentang Instagram, 35 persen Facebook, 11 persen Twitter, dan satu persen Tik Tok,” tulis laporan tersebut.

Bagikan berita ini:
8
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar