Banyak Desakan, PKB Ingin Gus AMI Capres 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra dan PDIP membuka peluang menjalin koalisi di Pilpres 2024 mendatang dengan mengusung Prabowo Subianto-Puan Maharani. Namun, seperti tak ingin ketinggalan, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid juga ingin partainya mencapreskan Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) untuk bisa diusung di Pilpres 2024 mendatang.

“Banyak desakan kepada Ketua Umum PKB Gus Ami, dan desakan itu karena beliau dianggap satu-satunya representasi tokoh dari NU (Nahdlatul Ulama-Red),” ujar Jazilul di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (28/5).

Wakil Ketua MPR ini menambahkan, sampai saat ini PKB terus menjalin komunikasi dengan partai lain guna menyamakan pandangan guna bisa menjalin koalisi. Sebab Gus Ami maju tidak bisa sendirian mengusungnya karena keterbatasan suara yang dimiliki PKB.

“Harus memenuhi syarat administratif 20 persen suara. Itu syarat administratif dan PKB memiliki 10 persen suara. Tentu sesuai dengan visi yang diusung PKB selama ini,” katanya.

Sebelumnya, muncul wacana agar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berduet dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan duet antara Prabowo dengan Puan Maharani mungkin saja terjadi di hajatan akbar 2024 mendatang.

“Itu menjadi kemungkinan Pak Prabowo maju bersama PDIP,” ujar Muzani.

Wakil Ketua MPR ini menambahkan, namun demikian sampai saat ini belum adanya keputusan untuk menduetkan dua tokoh tersebut di Pilpres 2024 mendatang.

  • Bagikan