Di Hadapan Ketua DPD RI, Raja Gowa Minta Kerajaan di Luar Jawa Tidak Dianaktirikan

Jumat, 28 Mei 2021 20:10

IST

FAJAR.CO.ID, GOWA — Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III, memanfaatkan momen kunjungan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, untuk menyampaikan ‘curhatan’ raja-raja di luar Pulau Jawa. Menurutnya, para raja merasa kurang mendapat perhatian.

Hal tersebut disampaikan Raja Gowa saat menggelar penyambutan untuk LaNyalla dan rombongan Senator dari DPD RI di Balla Lompoa, Kamis (27/5/2021).

“Semoga kehadiran Bapak Ketua dan rombongan DPD RI menjadi berkah bagi kami agar bisa melakukan pembinaan kerajaan di Gowa dan kerajaan-kerajaan lainnya di Sulsel,” kata Raja Gowa.

Menurutnya, para raja di Sulsel berharap DPD bisa menyalurkan aspirasi kepada pemerintah agar mereka tidak ‘dianaktirikan’.

“Mohon kerajaan-kerajaan yang ada jadi perhatian karena tanpa kerajaan, republik ini tidak akan berdiri karena kerajaanlah yang melawan penjajah pertama kali. Kemudian kami serahkan nusantara kepada Presiden Soekarno tapi sekarang banyak raja di luar Jawa yang kurang diperhatikan,” paparnya.

Raja Gowa mengingatkan pentingnya pemerintah, baik pusat dan daerah, memberi perhatian lebih kepada kerajaan-kerajaan di Nusantara. Ia mengingatkan kerajaan sebagai warisan budaya harus dijaga.

“Dengan begitu Indonesia semakin disegani. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa rahmat dan berkah,” katanya.

Menanggapi harapan tersebut, LaNyalla menegaskan komitmen DPD RI terhadap kelestarian kerajaan Nusantara. Bahkan DPD RI sudah berencana menggelar Festival Kerajaan Nusantara pada bulan September di Sumedang.

Bagikan berita ini:
6
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar