Miliki Basis yang Berbeda, Hasto Kristiyanto Sebut PDIP Sangat Sulit Koalisi dengan PKS dan Demokrat

Jumat, 28 Mei 2021 18:05

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terkait percakapan meng...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku partainya memiliki basis yang berbeda dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Sehingga menurut Hasto, sangat sulit partai yang dikepalai oleh Megawati Soekarnoputri tersebut berkoalisi dengan PKS. “Ya, koalisi bagi PDIP kerja sama politik itu basisnya harus ideologi. PDIP berbeda dengan PKS karena basis ideologinya berbeda. Sehingga sangat sulit untuk melakukan koalisi dengan PKS. Itu saya tegaskan sejak awal,” urai Hasto dalam diskusi secara virtual di Jakarta, Jumat (28/5).

Hasto mengatakan, begitu pula dengan Partai Demokrat. Hasto mengatakan, PDIP juga sulit untuk membangun koalisi dengan Demokrat. Hal itu lantaran ideologi antara PDIP dengan Demokrat juga tak sama. “Dengan Demokrat berbeda, basisnya berbeda. (Demokrat) partai elektoral, kami adalah partai ideologi, tetapi juga bertumpu pada kekuatan massa. Sehingga kami tegaskan dari DNA-nya berbeda kami dengan Partai Demokrat,” tegasnya.

Oleh sebab itu, dengan ketidakcocokan dari dua partai tersebut, maka dirinya berharap tidak perlu lagi ada pihak-pihak yang berusaha membuat wacana PDIP akan berkoalisi dengan PKS dan Partai Demokrat. “Ini tegas-tegas saja, supaya tidak ada juru nikah yang ingin mepertemukan hal tersebut. Karena beda karakternya, beda nature-nya,” tandasnya. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
9
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar