Partai Ummat Berpotensi Gerus Kekuatan PAN, Kader di Sulsel Diklaim Masih Solid

Jumat, 28 Mei 2021 19:48

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kehadiran partai Ummat diproyeksi akan memberikan dampak terhadap kondisi politik di Indonesia. Sejumlah kader PAN pun mulai membelot sehingga berpotensi menggerus kekuatan PAN kedepannya.

Sejumlah kader PAN di Indonesia mulai ramai hijrah ke partai besutan Amien Rais tersebut. Terbaru ada mantan ketua DPW PAN DKI Jakarta, Sugiyanto.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB, menyatakan bahwa sampai sejauh ini di Sulsel, dirinya belum mendengar adanya kader PAN yang ingin membelot atau pindah ke Partai Ummat.

“Kami masih solid. Belum ada laporan ada yang akan gabung ke partai Ummat,” ungkap Irfan saat dikonfirmasi, Jumat (28/5/2021).

Hanya saja pihaknya mengaku juga tak akan melarang jika memang kemudian ada kader PAN yang memilih untuk bergabung dengan partai lain.

“Kalau mau gabung (partai Ummat) silakan. Ini era demokrasi kok. Artinya mekanisme pasar berlaku dan orang bebas menentukan pilihan,” bebernya.

Pengamat Politik Unhas, Andi Lukman Irwan menilai kehadiran Partai Ummat banyak diisi mantan kader PAN dan kader Muhammadiyah.

“Partai Ummat ini gunakan figur tokoh Muhammadiyah yang selama ini memang jadi basis PAN. Maka di sini ada ceruk kader yang akan diambil Partai Ummat,” jelasnya.

Adanya sosok Amien Rais di belakang pendirian Partai Ummat ini pun diproyeksi memberikan dampak yang besar. Terutama akan menggerus kekuatan PAN.

Bagikan berita ini:
10
1
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar