Sere Api Diajukan Warisan Budaya Tak Benda, Tim verifikasi Kemendikbud RI Kunjungi Barru

Jumat, 28 Mei 2021 18:28

IST

FAJAR.CO.ID, BARRU — Budaya adalah salah satu instrumen penting dalam kehidupan. Meski era modernisasi dan trknologi yang semakin maju, budaya tetap menjadi benteng terakhir merawat nilai warisan leluhur.

Terlebih Masyarakat Barru yang memiliki kebergamana budaya asli. Salah satunya Sere api (tarian api). Tarian ini dikenal sebagai tarian akrobatik berbahaya, Pasalnya tarian menyambut panen padi ini dilakukan oleh para penari dengan menggunakan kobaran api sambil memainkan padendang dengan irama yang unik.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, tim mendaftarkan “sere api” masuk bersaing dalam kategori warisan budaya indonesia kategori tak benda sejak februari 2021 silam.

Kini sere api masuk tahapan verifikasi. Karena telah masuk tahapan tersebut, tim dari Kemendikbud RI melakukan kunjungan lansung melakukan verifikasi langsung di Desa Gattareng Kab. Barru, Kamis (27/5/21).

Kepala Seksi Kesenian bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Barru Nasdir Rafli, M.Pd yang mengawal langsung proses pendaftaran sere api ini ke kemendikbud mengatakan agenda kunjungan kemarin merupakan agenda lanjutan dalam proses pendaftaran dan verifikasi sere api menjadi warisan budaya nasional.

“Kami sejak februari melakukan pengawal intens agar supaya sere api benar-benar terdaftar menjadi warisan budaya yang diakui,”ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Dalam Kunjungan tim Kemendikbud di Desa Gattareng turut didamping tim dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sulsel, Dosen ISBI Makassar, Sulfiana Mansut, Camat Pujananting Rahman, Ketua PC SEMMI Barru Erwin Wijaya, dan Kepala Desa Gattareng. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
5
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar