5.343 Tenaga Kerja Asing di Morowali Terdaftar Sebagai Peserta BPJamsostek

Sabtu, 29 Mei 2021 21:49

IST

FAJAR.CO.ID — Perkembangan globalisasi dan industrialisasi saat ini mendorong pergerakan aliran modal dan investasi ke seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Termasuk di dalamnya aspek Ketenagakerjaan, yang mengakibatkan terjadinya migrasi pergerakan tenaga kerja antar negara.

Dari data BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) di wilayah Kabupaten Morowali sendiri terdapat 5.343 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Data ini disampaikan di hadapan anggota Komisi IX DPR RI dalam kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik Pengawasan Tenaga Kerja Asing DPR RI di Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (28/5/2021).

Hadir mewakili Direksi BPJAMSOSTEK, Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, menyampaikan bahwa total pekerja asing peserta BPJAMSOSTEK yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah sebanyak 5.512 TKA dengan 5.343 TKA diantaranya terdapat di Kabupaten Morowali.

“Dari data Disnakertrans Sulawesi Tengah potensi TKA di Sulawesi Tengah sekitar 6.784. 81persen dari jumlah tersebut atau sebanyak 5.512 TKA telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK,” ungkap Arief Budiarto.

Arief Budiarto melanjutkan bahwa landasan hukum keikutsertaan TKA kedalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tertuang dalam Pasal 14 UU No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyatakan bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi Peserta program Jaminan Sosial. Ini artinya, BPJS Ketenagakerjaan wajib bagi TKA. Dengan demikian, segala ketentuan tentang tata cara pendaftaran dan aturan lainnya soal BPJS Ketenagakerjaan berlaku pula bagi TKA yang bekerja di Indonesia.

Bagikan berita ini:
9
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar