Pernah Terseret Kasus Gayus Tambunan, Kini Jenderal Purnawiran Polri Ini Jabat Komisaris Jasa Marga

Sabtu, 29 Mei 2021 10:11

Raja Erizman. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Masih ingat kasus Gayus Tambunan? Mantan PNS pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Indonesia yang terlibat kasus mafia pajak.

Kasus ini pernah bikin heboh tahun 2009 hingga 2011 lalu. Bahkan kasus ini juga menyeret beberapa nama petinggi Polri.

Salah satunya terkait surat pembatalan pemblokiran rekening mafia pajak sebesar Rp 25 miliar milik Gayus Halomoan Tambunan yang ditandatangani Raja Erizman (saat itu menjabat Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Polri).

Bahkan Divisi Profesi dan Pengamanan Polri turun tangan atas tindakan Erizman. Namun, berdasarkan sidang kode etik, Erizman lolos dari sanksi kode etik alias tidak ditemukan unsur pidana.

Kendati demikian, Dewan Kebijakan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi tetap mencopot Erizman dari jabatannya. Ia dikeluarkan dari fungsi reserse dan kriminal karena dianggap tidak cakap.

Di bawah kepemimpinan Jenderal Timur Pradopo, Erizman kemudian ditempatkan sebagai Staf Ahli Kapolri hingga tahun 2012. Hingga ia pensiuan dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (irjen).

Lama tak terdengar kabar, Kini Raja Erizman punya jabatan baru. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk dirinya sebagai Komisaris Jasa Marga.

Perombakan itu terjadi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Jasa Marga yang diselenggarakan pada Kamis (27/5/2021).

Dalam agenda tersebut, Erick itu memberhentikan dengan hormt Adriansyah Chaniago dari jabatan komisaris independen. Lalu, Agus Suharyono dan Sugihardjo juga diberhentikan dari posisi Komisaris Jasa Marga.

Bagikan berita ini:
3
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar