Hattrick Pelatih Jerman di Liga Champions

Minggu, 30 Mei 2021 07:03

Thomas Tuchel mencium Si Kuping Besar. (Foto: Getty Images via BBC Live)

FAJAR.CO.ID, PORTO—Klub-klub Bundesliga boleh saja gagal juara Liga Champions musim ini. Namun, Jerman tetap bisa membusungkan dada dengan pencapaian mereka di Liga Champions 2020/2021.

Itu karena kinerja luar biasa pelatih-pelatih mereka. Seperti diketahui, musim ini, pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel kembali sukses memimpin Chelsea menjadi kampiun Liga Champions. Itu berarti, sudah tiga musim gelar Si Kuping Besar diraih pelatih Jerman.

Musim lalu, Hans-Dieter Flick juga meraih trofi bersama Bayern Munchen dengan mengalahkan Tuchel di laga puncak. Sebelum itu, Juergen Klopp memimpin Liverpool mencapai podium tertinggi Liga Champions dengan mengalahkan Tottenham Hotspur. Yang unik, ini adalah gelar perdana Tuchel, Flick, dan Klopp di Liga Champions.    

Untuk klub, Inggris sepertinya semakin kuat. Dalam tiga musim terakhir, mereka menempatkan empat finalis. Dan keempatnya saling bertemu di dua final. Selengkapnya, berikut data dan fakta penting usai Chelsea juara dikutip dari BBC Live:

Chelsea telah mengangkat trofi dalam enam dari tujuh final utama Eropa dalam sejarah mereka. Di era Roman Abramovich, ini adalah gelar Eropa keempat mereka.

Thomas Tuchel adalah manajer Jerman ketiga yang berbeda yang memenangkan Liga Champions dalam tiga musim terakhir (Jurgen Klopp 2019, Hans-Dieter Flick 2020)

Chelsea adalah tim Inggris ketiga yang memenangkan Liga Champions setidaknya dalam dua kesempatan (juga Liverpool dan Man Utd). (amr)

Bagikan berita ini:
10
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar