Seleksi Calon ASN Dimulai Besok, Ini Nilai Minimal Peserta Jalur Sekolah Kedinasan

Minggu, 30 Mei 2021 15:23

SELEKSI: Suasana tes CPNS di Pemprov Jatim tahun lalu. (DOK/RADAR SURABAYA)

FAJAR.CO.ID — Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 melalui skema sekolah kedinasan segera memasuki seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tahapan ini merupakan proses seleksi untuk menjamin pelamar sekolah kedinasan yang melanjutkan ke tahapan selanjutnya telah memenuhi kompetensi dasar yang ditetapkan.

“Mulai besok (31/5) SKD sekolah kedinasan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kepegawaian Negara (BKN) Paryono yang dihubungi, Minggu (30/5).

Untuk memenuhi hal tersebut, pemerintah telah menetapkan standar penilaian dalam bentuk nilai ambang batas seleksi CASN.

Penetapan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021.Dalam Keputusan MenPAN-RB itu disebutkan bahwa SKD dalam seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan pada K/L tahun anggaran 2021 terdiri dari tiga materi soal, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Para peserta diberikan waktu 100 menit untuk mengerjakan tes SKD. Adapun nilai ambang batas bagi masing-masing materi SKD tersebut adalah 156 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK.

Ambang batas ini merupakan nilai paling rendah yang harus dipenuhi setiap peserta seleksi.

“Passing grade SKD tersebut tidak berlaku bagi peserta dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam Kepmen yang ditandatanganinya 21 Mei 2021 itu.

Bagikan berita ini:
5
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar