Uji Coba Fase 3, Kemanjuran Vaksin Covid-19 Turun Menjadi 73,5 Persen

Minggu, 30 Mei 2021 20:48

ILUSTRASI: Petugas medis menyuntikan vaksin Covid-19. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, BEIJING — Produsen obat Tiongkok Sinopharm akhirnya menerbitkan hasil sementara dari uji coba fase 3 vaksin Covid-19. Namun, hasilnya tidak mencakup beberapa kelompok yang paling rentan. Dan kemanjurannya pun turun menjadi 73,5 persen. Data itu dinilai masih kurang, karena kelompok rentan, komorbid, dan lansia masih kurang jumlah partisipasinya.

Sebanyak 200 juta dosisnya telah digunakan di seluruh dunia. Sinopharm juga sudah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penggunaan darurat. Namun dari 78,1 persen perlindungan kini turun menjadi 73,5 persen setelah memperhitungkan kasus tanpa gejala seperti laporan South China Morning Post (SCMP).

Upaya Beijing juga terhambat oleh penolakan perusahaan farmasi untuk merilis data tentang kemanjuran vaksin mereka, yang menuai reaksi tajam dari banyak ahli. Sinopharm sudah didesak para ahli untuk mengumumkan secara transparan.

Hasil tersebut berdasarkan data yang dikumpulkan dari 40.411 peserta di Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain tahun lalu. Peserta sebagian besar sehat dari usia 18 hingga 59 tahun.

Sebanyak 142 kasus gejala tercatat, 26 dari kelompok vaksin Wuhan, 21 dari kelompok vaksin Beijing, dan 95 dari kelompok plasebo. Hanya dua kasus parah yang diidentifikasi dalam kelompok plasebo. Ahli imunologi Ashley St John mengatakan bahwa jumlah kasus parah cenderung rendah karena memang jumlah peserta lansia yang diikutsertakan dalam fase tersebut terbatas.

Bagikan berita ini:
4
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar