Budi Gunadi Sadikin Sebut Pasien Covid-19 Mulai Memenuhi Ruang Rumah Sakit

Senin, 31 Mei 2021 22:00

Petugas kebersihan saat mempersiapkan ruangan perawatan untuk pasien Covid-19 di Tower 9 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasien Covid-19 mulai memenuhi ruang rumah sakit.

Dari total kapasitas 72 ribu tempat tidur rumah sakit, tingkat keterisian sempat berada di angka 20 ribu dan sekarang sudah berada di angka 25 ribu atau naik sekitar 20-25 persen.

“Kami sampaikan memang kenaikannya agak tinggi, tetapi kami masih memiliki kapasitas sampai dengan 72 ribu. Jadi masih ada cukup kapasitas yang kita miliki,” kata Budi dalam konferensi pers bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala BNPB Ganip Warsito di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (31/5) setelah rapat dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, memang ada beberapa kabupaten atau kota tidak merata mengenai pengisiannya.

Keterisian rumah sakit yang tinggi terjadi di Aceh, sebagian kabupaten/kota di Sumatera Barat, di Kepulauan Riau, dan Provinsi Riau.

“Juga ada di daerah Jambi, kemudian sebagian Jawa Tengah, ada juga di Kalimantan Barat dan ada sedikit di Sulawesi,” paparnya.

Secara khusus, lanjut dia, Presiden Jokowi juga sempat menanyakan laporan kasus di Kudus, Jawa Tengah, yang belakangan mengalami peningkatan luar biasa baik dari sisi kasus konfirmasi maupun pasien yang masuk rumah sakit.

Terkait hal tersebut, Budi memastikan pihaknya telah menindaklanjuti dengan menyalurkan pasien ke rumah sakit di daerah sekitar Kudus dan ke ibu kota provinsi di Semarang.

Bagikan berita ini:
9
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar