Jelang Sekolah Tatap Muka, Rapid Test Siswa Harus Merata

Senin, 31 Mei 2021 19:11

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar tengah ancang-ancang melakukan screening massal terhadap siswa sekolah, guna mempersiapkan belajar tatap muka, Juli mendatang.

Hal ini sebagai tindak lanjut usai seluruh tenaga pendidik divaksin Covid-19 yang telah rampung seluruhnya.

Murid sekolah dilakukan tes menggunakan rapid antigen. Demikian yang diterangkan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi Pendidikan DPRD Kota Makassar, Kartini menekankan untuk melakukan tes Covid-19 secara merata agar bisa terdeteksi wilayah atau zona mana saja yang layak menggelar sekolah tatap muka.

“Harusnya screening massal itu merata. Seluruh siswa harus dites supaya bisa menjadi tolak ukur sekolah mana saja yang hijau dan mana yang merah,” ujar Kartini di Makassar, Senin (31/5/2021).

Selain rapid test, Politisi Partai Perindo itu juga mengingatkan agar pihak sekolah telah lebih dulu memastikan lingkungan sekolahnya clean and clear terhadap virus.

Bukan hanya virus Covid-19, sekolah yang lebih dari satu tahun tutup itu juga harus bebas dari jentik nyamuk malaria. Hal ini kata dia tidak boleh diabaikan.

“Caranya ya disterilkan. Dibersihkan, disemprot disinfektan. Juga jangan sampai ada jentik nyamuk DBD. Jangan hanya fokus pada corona, tapi juga demam berdarah. Pihak sekolah jangan abai,” tegasnya.

Sebelumnya Danny Pomanto mengatakan tengah bersiap melakukan rapid test antigen terhadap murid atau siswa.

Bagikan berita ini:
9
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar