Lotre Covid

Senin, 31 Mei 2021 08:00

Disway

Oleh: Dahlan Iskan

INI bukan judi. Ini lotre. Suka-suka yang memberi nama. Pemenangnya dapat Rp 20 miliar.

Yang boleh ikut berjudi terbatas: hanya yang umurnya 12 tahun ke atas dan yang mau disuntik vaksin Covid-19.

Yang akan mendapat Rp 20 miliar tidak hanya satu orang. Tapi 10 orang. Masih akan banyak pemenang lagi yang nilai uangnya di bawah itu.

Pengumuman pertamanya 15 Juni depan. Dua minggu lagi. Itulah tanggal penting bagi negara bagian California: 15 Juni nanti adalah hari California dibuka kembali secara penuh. Boleh tidak pakai masker. Bisa tidak jaga jarak. Segala jenis keramaian diizinkan. Pantai dibebaskan. Gunung silakan didaki.

Undian besar itu punya maksud khusus: agar di tanggal itu nanti, 70 persen penduduk California sudah tervaksinasi.

Sampai tulisan ini dibuat, kemarin, persentase itu sudah mencapai 64 persen. Sudah 22 juta penduduk dewasanya yang ikut vaksinasi.

Dari pengamatan media di sana California memang istimewa. Ia juara terbanyak penderita Covidnya: 3,8 juta. Juga juara jumlah yang meninggal: 63.000. Disusul Texas, Florida, dan New York.

Tapi California juga yang paling tegas menghadapi pandemi: kota besar Los Angeles pernah di-lockdown total satu minggu.

Dan akhirnya California tampil pertama pula: sebagai negara bagian yang tidak punya lagi penderita baru Covid. Sudah lebih 10 hari terakhir ini. Juga tidak ada lagi yang meninggal karena virus itu. Ada negara bagian lain yang juga hebat tapi jumlah penduduknya sedikit.

Bagikan berita ini:
5
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar