Menyusuri Eksotisme Spermonde, Libatkan Pemuda Pulihkan Terumbu Karang

Senin, 31 Mei 2021 14:28

Terumbu karang di kepulauan Spermonde.

Kekayaan bawah laut Spermonde perlu dijaga. Kesadaran bersama penting untuk melestarikan titipan anak cucu ini.

Lapoaran: BUSRAH HISAM ARDANS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pulau Samalona, Kodingareng Keke, Kayangan, Barrang Lompo, dan Lae-lae merupakan sederet kecil gugusan yang sangat terkenal di Makassar. Bagian dari Spermonde itu sejatinya sangat luas.

Spermonde memanjang dan memutar dari Takalar, Makassar, Pangkap, bahkan hingga Barru. Gugusan pulau di Makassar menjadi lebih populer lantaran memang aksesnya dekat dari ibu kota Sulsel itu.

Salah satu magnet gugusan pulau ini adalah terumbu karang. Dahulu, pernah sangat eksotis, sebelum era “bom” datang sebagai mekanisme tangkap instan. Sekarang, kerusakan banyak terjadi. Beberapa aktivis peduli lingkungan mulai turun tangan.

“Maeki akkbulo sibatang, saribbatang (ayo, bersatu padu, saudara),” seru Sahrul menyemangati pemuda mengawali penanaman indukan terumbu karang di Pulau Barrang Lompo, Sabtu 22 Mei, sore.

Berjarak ratusan meter dari bibir pantai selatan pulau, mereka berjibaku dengan gelombang dan angin yang tidak sepoi.Satu perahu, satu boat merayap memecah ombak jadi buih. Sahrul cs pun berjaga dari gulungan air yang membanting.

Di dalam kapal kecil itu, peralatan selam professional berbaris rapi. Ada tank (tabung udara), regulator, fins, dan masker.

Para perenang ulung ini telah bersiap. Sahrul tidak sendiri. Ia ditemani Rabil, Helza, Yoga, Sardi, Ismail, Kyky, Irsal, Riri, Bima, Zul, Ruddin, Ikhsan, Wawan, Bima, Ahmad, Fikram dan Uci.

Bagikan berita ini:
1
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar