PPN Tahun 2021 Berpotensi Naik Menjadi 15 Persen

Senin, 31 Mei 2021 18:34

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Keuangan (Menkeu) membuka opsi kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di tahun 2021. Hal tersebut masih dalam pembahasan di DPR RI.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara, Eko Pandoyo Wisnu Bawono mengatakan rencana tersebut saat ini sementara dalam pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Ia mengatakan masih dalam proses pengkajian.

“Rencana kenaikan PPN, itu masih pembahasan dengan DPR RI itu, masih dalam pengkajian, belum ada keputusan, saya juga belum ada arahan dari kantor Pusat terkait,” ucap Eko.

Eko mengatakan tarif PPn saat ini masih 10 persen. Angka tersebut masih terbilang rendah jika dibandingkan beberapa negara luar yang tarif PPn-nya jauh lebih tinggi.

“Tarif PPn kita ini memang hanya 10 persen namun jika berkaca pada beberapa negara PPn kita masih terbilang rendah, dibandingkan beberapa negara luar meskipun itu tarif PPn kita ada yang lebih rendah,” tandas Eko.

Menurut Eko, jika memang Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan merencanakan menaikkan tarif PPn, masih memiliki peluang.

“Dalam ketentuan, kalau nggak salah sesuai ketentuan masih bisa menambah tarif PPn menjadi 15 persen artinya ada peluang menambah 5 persen, cuma kewenangannya ini kondisi sekarang tidak sesuai sehingga masih kajian,” ungkapnya.

Bagikan berita ini:
4
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar