Seleksi CPNS-PPPK Mulur, Kemendikbud Kelola Langsung Calon PPPK Guru

Senin, 31 Mei 2021 11:40

Tes SKB CPNS UNM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR Pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK berpotensi diundur. Belum ada juknis untuk menetapkan jadwal pendaftaran.

TAHUN ini, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) digelar bersamaan. Selanjutnya, keduanya akan menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Imran Jausi mengatakan rencananya pendaftaran dibuka Senin, 31 Mei. Namun, sejauh ini belum ada penetapan juknis dari Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Beberapa waktu lalu, saya juga berbincang dengan kepala BKN. Kemungkinan diundur satu minggu ke depan. Karena belum ada aturan penetapan jadwal dari pusat,” bebernya Imran, kemarin.

Proses pendaftaran tetap akan dilakukan secara daring melalui situs SSCN BKN. Baik PPPK, maupun CPNS. Begitu pun dengan tesnya, akan dilakukan dengan sistem CAT melalui komputer, seperti sebelum-sebelumnya.

Khusus PPPK, pihaknya memang punya persyaratan khusus. Misalnya, bagi PPPK formasi nonguru, harus punya pengalaman pada bidang yang dipiluh selama tiga tahun. Jurusannya juga mesti sesuai dengan formasi yang dibuka.

Khusus PPPK guru, akan diprioritaskan yang sudah berpengalaman dan terdaftar di Dapodik. “Untuk lulusan kampus keguruan yang baru, belum bisa diterima. Karena untuk tahun ini kita fokuskan pada PPPK yang sudah berpengalaman,” jelasnya.

Bisa saja, untuk lulusan baru, pendaftarannya dibuka tahun depan. Sementara untuk lokasi seleksi, tetap akan digelar di kantor gubernur.

Bagikan berita ini:
10
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar