Sosok Insinyur Cantik Asal Indonesia, Spesialis Autopilot dalam Pembuatan Mobil Tesla

Senin, 31 Mei 2021 13:44

Moorissa Tjokro (istimewa)

FAJAR.CO.ID – Siapa yang tidak kenal mobil Tesla. Salah satu produk mobil listrik yang paling canggih buatan Amerika.Tapi banyak orang yang tidak tahu, salah satu insinyurnya orang Indonesia.

Namanya, Moorissa Tjokro. Posisi lulusan Georgia Institute of Technology dan Columbia University itu tidak sembarangan, dia adalah Autopilot Software Engineer atau insinyur perangkat lunak autopilot di kantor pusat Tesla di San Francisco, California, AS.

Autopilot adalah salah satu kecanggihan mobil yang telah dikembangkan Tesla sejak lama. Sistem ini membuat mobil yang dikendarai tak perlu lagi sepenuhnya dikontrol sopir, diganti komputer berbasis sensor dan radar yang sanggup mendeteksi, menganalisa, kemudian mengambil keputusan di jalanan.

“Jadi sebagai Autopilot Software Engineer yang kami lakukan mencakup seperti gimana sih mobil itu dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitar. Kemudian bermanuver ke kanan dan kiri, evaluasi serta testing,” kata Moorissa mengutip pemberitaan VOA Indonesia yang dilansir dari CNN.

“Ini penting jadi bikin sistem seaman mungkin buat mobil Tesla. Jadi sebelum diluncurkan itu kami selalu testing untuk menghitung risiko-risiko agar semua aman,” tambahnya.

Moorissa tidak bekerja sendiri, ia bersama rekan satu tim bekerja mengembangkan dan meningkatkan sistem kemudi untuk mobil listrik Tesla.

Ia juga terlibat langsung pengembangan sistem full self driving di mobil Tesla, yang merupakan sistem otonom level lima atau level tertinggi yang membuat mobil dapat dikendarai tanpa campur tangan manusia sepenuhnya.

Bagikan berita ini:
6
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar