Dugaan Gratifikasi Mantan Direktur PDAM Sinjai Berpolemik, Ini Bukti Laporan Bupati ke KPK

Selasa, 1 Juni 2021 20:55

Potongan isi laporan Bupati Sinjai ke KPK.

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Polemik Kasus gratifikasi yang diduga dilakukan oleh mantan Direktur PDAM Sinjai, Suratman, ke Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menemui titik terang.

Bukti laporan yang dilayangkan oleh Bupati Sinjai ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjawab keraguan yang selama ini disampaikan oleh masyarakat di berbagai tempat.

Berdasarkan bukti laporan yang dihimpun, di mana dalam surat laporan tersebut terungkap bahwa Suratman menitipkan uang Rp20 juta melalui ajudan Bupati berinisial AL.

Namun Bupati ASA memerintahkan ajudan untuk melaporkan ke KPK sebagai pemberian yang tidak jelas atau terindikasi gratifikasi.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri, membenarkan adanya laporan Bupati Sinjai ke KPK. Hal itu terkait penerimaan gratifikasi oleh Suratman. Oleh karena itu, kasus tersebut kini menjadi kewenangan KPK dalam proses selanjutnya.

“Iya laporan itu benar, kami sudah laporkan ke KPK,” bebernya. Dengan demikian, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memperlihatkan bukti laporan itu. Terutama saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar di Kantor DPRD Sinjai, kemarin.

“Pelapor gratifikasi berhak mendapatkan perlindungan dari berbagai bentuk akibat laporan yang disampaikan, olehnya itu kami tidak bisa memperlihatkan bukti laporan itu demi menjaga identitas materi laporan pelapor,” tutupnya. (sir)

Bagikan berita ini:
3
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar