Disuruh Angkat Kaki dari Indonesia, Ustadz Khalid Basalamah: Saya Lahir dan Besar di Indonesia!

Rabu, 2 Juni 2021 19:07

Ustaz Khalid Basalamah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ustadz Khalid Basalamah menanggapi sejumlah komentar miring yang dilontarkan kepadanya terkait potongan video ceramahnya tentang larangan bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ustadz Khalid menilai, potongan ceramah itu terlalu dibesar-besarkan. Apalagi ada narasi yang mendesak dirinya agar angkat kaki dari Indonesia. Padahal dia warga Indonesia asli.

“Saya rasa terlalu dibesar-besarkan, karena pada saat itu kesannya ini pemahaman radikalis, anti Indonesia, apalagi sampai bilang keluar saja dari Indonesia. Dan keluar dari Indonesia ini satu hal yang luar biasa. Siapa orang ini yang mengusir saya dari Indonesia. Saya lahir di Indonesia, orang tua saya dari Indonesia,” kata Khalid Basalamah di Podcast Deddy Corbuzier dikutip pada Rabu (2/6).

Dia menjelaskan, cuplikan video itu merupakan video ceramah tahun 2017 di salah satu Masjid di Jati Negara.

Dia menjawab salah satu pertanyaan dari jamaahnya yang saat itu merasa anaknya dipaksa menyanyikan lagu Indonesia raya.

“Jadi yang saya tangkap, dia bilang anak itu jika tidak ikut (nyanyi) dia akan dimarahi. Yang saya tangkap dia tidak mau anaknya ikut. Atau anaknya tidak mau ikut (bernyanyi),” kata ustadz asal Makassar ini.

Dia bilang jawabannya yang menyarankan anak tersebut agar tidak ikut menyanyikan lagu Indonesia raya, pada saat itu karena merasa dipaksa. Bukan berarti dirinya melarang untuk nyanyikan lagu Indonesia raya.

Bagikan berita ini:
2
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar