Hadir di Gedung DPR, Prabowo Siap Paparkan Rencana Belanja Alutsista Rp1.750 Triliun

Rabu, 2 Juni 2021 12:46

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri rapat bersama Komisi I DPR RI. (Sabik Aji/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hadir dalam rapat dengan Komisi I DPR. Dalam rapat tersebut Ketua Umum Partai Gerindra ini akan memaparkan sejumlah rencana modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Ya kita akan paparkan rencana ke depan. Tentunya akan ada tanya jawab dan kita akan berusaha menjelaskan segamblang-gambalnya,” ujar Prabowo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/6).

Mantan Danjen Kopassus ini juga bakal menjelaskan mengenai anggaran Rp 1.750 kuadriliun yang direncanakan digunakan untuk membeli alutsista.

“Kok tau kamu, lebih tau kamu ya. Insya Allah (akan dijelaskan-Red),” kata Prabowo saat ditanya soal belanja Alutsista itu.

Adapun rapat dengan Komisi I DPR RI itu berlangsung tertutup. Dengan dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Fadjar Prasetyo.

Sebelumnya, beredar salinan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia (Alpalhankam) tahun 2024-2024.

Dalam perpres tersebut, pemerintah perencanaan kebutuhan (renbut) pembelian alutsista sebesar 124,99 miliar dolar AS atau setara Rp 1.750 kuadriliun .

Adapun perincian anggaran, terdiri untuk akuisisi alpahankam sebesar 79,099 miliar dolar AS. Kemudian untuk pembayaran bunga tetap selama lima tahun renstra (rencana strategis) sebesar 13,39 miliar dolar AS.

Bagikan berita ini:
1
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar