Hunian Pasien Covid-19 di RSLI Mulai Penuh, Naik hingga 269 Persen

Rabu, 2 Juni 2021 17:21

asien Covid-19 mendapatkan pelayanan dari petugas medis di RSUD Loekmono Hadi Kudus. (Humas RSUD Kudus/Antara)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Hunian pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) mulai penuh. Jumlah pasien yang dirawat mencapai 107 orang. Naik 269 persen dari Mei. Guna mengantisipasi kelebihan kapasitas, penyembuhan pasien dipercepat.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI Radian Jadid mengatakan bahwa sebagian besar pasien merupakan asisten rumah tangga (ART). Mereka tetap mudik ke kampung halaman kendati telah dilarang.

Mereka kemudian kembali ke Surabaya, tetapi tidak menjalani tes usap terlebih dahulu.

Kondisi itu diperparah dengan tidak disiplinnya menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti physical distancing, mencuci tangan, dan mengenakan masker.

Setelah sampai di Surabaya, mereka mulai mengalami gejala. Misalnya, demam, flu, dan mengalami gangguan penciuman. Setelah dilakukan tes usap PCR, hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

Menurut Radian, kenaikan pasien hingga 269 persen sudah memasuki tingkat waspada. Kondisi itu juga harus menjadi perhatian serius seluruh warga. Jangan sampai fenomena lonjakan pasien pada November 2020 kembali terjadi. Yakni, pasien yang dirawat mencapai lebih dari 300 orang. ”Jumlah pasien yang masuk terus bertambah. Sekitar 20 pasien masuk setiap harinya,” kata Radian kemarin (1/6).

Jika tidak ditindaklanjuti, situasi bakal semakin parah. Sebagai langkah antisipasi terjadinya overload, proses penyembuhan pasien dipercepat. Untuk pasien umum, perawatan maksimal sepuluh hari.

Bagikan berita ini:
6
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar