Menag Ajak MUI, NU hingga Muhammadiyah Sukseskan Program Sertifikasi Wawasan Kebangsaan Dai

Rabu, 2 Juni 2021 13:19

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan sertifikasi moderasi beragama dan wawasan kebangsaan kepada para dai atau penceramah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para penceramah.

“Tujuannya adalah bagaimana para penceramah ini memiliki pemahaman tentang moderasi beragama dan di saat yang sama memiliki pemahaman wawasan kebangsaan yang kuat,” terangnya, Rabu (2/6).

Yaqut juga menegaskan, sertifikasi yang di maksud bukan seperti yang dibayangkan, yakni dai dikumpulkan oleh Kemenag dan diberi wawasan kebangsaan serta moderasi beragama. Kemudian, diserahkan sertifikat dan hanya yang mendapat sertifikat yang dapat menjadi penceramah.

“Lalu ini menjadi modal atau syarat untuk bisa berceramah, tidak seperti itu. Tapi, kita memberikan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama,” imbuhnya.

Kata dia, pihaknya juga akan menggandeng organisasi masyarakat Islam di nusantara. Mulai dari Nahdlatul Ulama hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kita juga berkoordinasi dengan ormas-ormas Islam, kita melibatkan NU, Muhammadiyah, MUI dan ormas ormas Islam yang lain,” ujar Yaqut.

Jadi, klaimnya, program ini tidak hanya dilakukan oleh Kemenag sendirian. Yaqut memahami bahwa kolaborasi akan menciptakan output yang lebih baik ketimbang melaksanakannya sendirian.

“Bukan dilakukan oleh Kementerian Agama sendiri, kami sadar juga selain keterbatasan resources yang kita punya, tentu pemahaman keagamaan kita beragam atau mungkin belum memenuhi kualifikasi. Oleh karena itu ormas Islam tetap dilibatkan,” tutupnya.(jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
7
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar