Menag: Opsi Pembelajaran Tatap Muka Masih Menjadi Pilihan Paling Efektif

Rabu, 2 Juni 2021 17:40

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dery Ridawansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sudah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengatasi hambatan dan kendala pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dari pemberian paket data kepada siswa dan guru.

Akan tetapi, banyak studi dari berbagai lembaga internasional yang mengkhawatirkan terjadinya krisis pembelajaran akibat pelaksanaan belajar dari rumah yang masih banyak kendala dan hambatan ini. Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka (PTM) didorong agar tidak terjadinya learning loss yang semakin besar.

“Kita harus akui ternyata untuk saat ini opsi pembelajaran tatap muka di kelas masih menjadi pilihan yang paling efektif,” jelas dia dalam siaran YouTube KEMENDIKBUD RI, Rabu (2/6).

Hambatan ini dikarenakan masih terjadinya ketimpangan dalam hal kesiapan infrastruktur dan jaringan IT, kesiapan silabus dan kurikulum darurat. Begitu juga kesiapan dan budaya serta literasi digital guru dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi ini.

Terlepas dari persoalan pandemi, menurut dia transformasi digital dalam pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan, baik masih ada pandemi Covid-19 ataupun tidak.

“Saya betul-betul berharap permasalahan-permasalahan yang ada tadi harus menjadi titik tolak ukur untuk membuat peta jalan atau roadmap pengembangan digitalisasi pendidikan yang sistematik dan terukur,” imbuhnya.

Ia pun mengaku merasakan betul kesedihan dan kerinduan yang amat mendalam yang dialami oleh siswa dan guru untuk bisa belajar di sekolah. Sebab, tidak dapat dipungkiri adanya kebutuhan PTM, terutama dari peserta didik yang mengalami kendala dalam melaksanakan belajar dari rumah.

Bagikan berita ini:
6
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar