Prabowo Subianto: Alutsista Kita Sudah Tua, Sudah Mendesak Harus Diganti

Rabu, 2 Juni 2021 21:38

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri rapat bersama Komisi I DPR RI. (Sabik Aji/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Indonesia termakan usia, atau sudah tua. Sehingga menurut Prabowo, sudah sepantasnya alutsista yang sudah tua tersebut sebaiknya diganti.

“Sebagaimana diketahui banyak alutsista kita sudah tua. Sudah saatnya memang mendesak harus diganti,” ujar Prabowo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/6).

Ketua Umum Partai Gerindra ini menuturkan, kebutusan alutsista bagi Indonesia sangatlah penting. Sehingga memang perlu adanya pergantian alutsista yang sudah tua dengan yang baru.

“Kebutuhan-kebutuhan sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang dengan pesat,” katanya.

Diketahui, pada April 2021 lalu KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam. Sebanyak 53 awak kapal dinyatakan gugur. Kapal selam tersebut tenggelam di dasar laut perairan Bali.

Adapun, kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan status KRI Nanggala-402 telah menjadi subsunk (tenggelam) setelah tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
7
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar