Terapkan Protokol Kesehatan, Pertunjukan Sendratasik FSD UNM Tetap Menarik

Rabu, 2 Juni 2021 19:48

Suasana pertunjukan. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebuah peristiwa teater dilaksanakan di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar, 2 Juni 2021 mulai pukul 13.00 – 22.00. Peristiwa itu menampilkan tiga pertunjukan teater sebagai ujian mata kuliah Teater Pendidikan, tiga pertunjukan monolog sebagai mata kuliah Pemeranan, dan satu pertunjukan tari sebagai ujian mata kuliah Tari Pendidikan. Pelaksana kegiatan dari mahasiswa prodi Sendratasik FSD UNM sebagai ujian mata kuliah Manajemen Seni Pertunjukan.

Tim manajemen telah mendapat rekomendasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tampak panitia menyediakan handsanitizer, mengatur jarak dan mencegah kerumunan. Setiap peserta pun diwajibkan memakai masker. Bahkan, jumlah peserta maksimal 25% dari kapasitas tempat pelaksanaan kegiatan. Disiapkan pula petugas pemantau penerapan protokol kesehatan.

Menurut Dr. Asia Ramli, M.Pd., sebagai dosen pengampu tiga mata kuliah, yaitu Manajemen Seni Pertunjukan, Teater Pendidikan, dan Pemeranan, kegiatan ini dimenej oleh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Manajemen Seni Pertunjukan Sendratasik Semester 2 Angkatan 2020.

Bagi mahasiswa prodi Sendratasik jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM, sejak awal dibimbing untuk mengenal dunia kerja melalui manajemen seni pertunjukan yang diproduksi oleh kelompok seni baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Diungkapkan bahwa kegiatan manajemen seni pertunjukan merupakan suatu sistem kerja dalam rangka penyelenggaraan pertunjukan seni. Kualitas pertunjukan seni yang baik tidak lepas dari manajemen produksi yang mampu menjalankan dan mencapai tujuan pada setiap proses produksi pertunjukan seni. Tujuan mata kuliah ini ialah untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merencanakan produksi pertunjukan seni (drama, tari dan music) dengan menginternalisasikan nilai-nilai edukatif di dalam proses bekerja.

Bagikan berita ini:
6
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar