Beberkan Penyebab Munculnya Radikalisme, Faisal Basri: Melawan Dilabeli Radikal

Kamis, 3 Juni 2021 10:27

Faisal Basri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ekonom Senior, Faisal Basri membeberkan penyebab munculnya radikalisme di tanah air. SalaH satu penyebabnya adalah ketidakadilan.

“Ketidakadilan membuat radikalisme tumbuh subur,” kata Faisal Basri, dikutip dari akun Twitter pribadinya, @FaisalBasri, Rabu (2/5).

Mantan calon Gubernur DKI Jakarta itu diduga menyindir pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 yang menyoroti ideologi transnasional radikal.

Faisal Basri menyindir pemerintah yang kerap melabeli kelompok yang kerap melakukan perlawanan dengan sebutan radikal.

“Semakin banyak rakyat tertindas, kian muncul perlawanan, lalu dilabeli radikal,” kata Faisal.

Menurut Faisal, ketika hukum mengabdi pada kekuasaan, tajam ke bawah dan tumpul ke atas, rakyat akan mencari jalan lain, lalu dicap radikal.

“Rezim yang kian banyak melakukan kesalahan (membusuk) akan memandang perbedaan sebagai musuhnya dan apa saja yang melemahkannya sebagai ancaman, termasuk teknologi,” tandas Faisal.

Jokowi Minta Waspadai Ideologi Transnasional Radikal

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta semua pihak waspada terkait rivalitas antara nilai dan ideologi, termasuk soal meningkatnya ideologi transnasional radikal di era disrupsi teknologi.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi,” ucap Jokowi dalam pidatonya pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021.

Bagikan berita ini:
1
1
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar