Dampak Daftar Tunggu Haji, Travel Terpuruk

Kamis, 3 Juni 2021 14:16

Jemaah haji asal Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dampak dari daftar tunggu ini ternyata menyentuh pihak penyelenggara Haji dan Umrah. Hal ini diakui sejumlah travel yang biasanya memberi pelayanan keberangkatan Haji dan Umrah.

Pemilik Travel Aliyah Wisata, Azhar Gazali mengaku, mereka harus patungan dan bagi rata dengan travel lainnya. Hal ini dimaksudkan agar semua travel bisa tetap bertahan meskipun dalam kondisi terpuruk.

“Dampaknya pasti terasa lah. Kita harus bagi rata dengan teman-teman yang lain. Kita paling ambil satu bus untuk satu travel, jadi kisaran 30 sampai 40 peserta saja,” kata Azhar.

Hal yang paling terasa dampaknya, kata Azhar, justru berada di ranah umrah. Sebab, selama pandemi mereka nihil. Tidak ada peserta yang mendaftarkan diri untuk umrah. “Kita juga maklum jarena memang masyarakat lagi susah,” jelasnya.

Untuk menutupi berbagai kerugian, Azhar mengaku membuka tawaran wisata lain, seperti berkunjung ke negara-negara yang banyak terdapat situs-situs muslim.

“Tanggal 17 Juni ini kita ada perjalanan ke Turki. Kita layani masyarakat yang mau berkunjung ke destinasi muslim. Itu yang cukup menutupi kerugian kami selama ini,” jelasnya. (ful-fik/rif-ham)

Bagikan berita ini:
10
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar