Evaluasi Penerapan Inaportnet, Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Genjot Kecepatan Pelayanan

Kamis, 3 Juni 2021 12:46

Otoritas Pelabuhan Utama Makassar menggelar Evaluasi Impelementasi Inaportnet di Aston Hotel Makassar, Kamis (3/6/2021)...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Otoritas Pelabuhan Utama Makassar menggelar Evaluasi Impelementasi Inaportnet di Aston Hotel Makassar, Kamis (3/6/2021).

Hal tersebut guna meningkatkan kinerja terhadap penerapan Aplikasi Inaportnet terhadap pelayanan kapal dan barang di pelabuhan dalam rangka meningkatkan kinerja operasional pelayanan jasa kepelabuhanan.

Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut Operasional dan Usaha Kepelabuhanan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Muhammad Hasan Basri mengatakan sistem Inaportnet digunakan untuk meningkatkan kecepatan pelayanan kapal di pelabuhan dan menyederhanakan prosedur yang ada di pelabuhan.

Melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi Inaportnet di Pelabuhan Utama Makassar, seluruh stakeholder dapat saling bertukar pikiran dalam rangka peningkatan implementasi inaportnet khususnya di Pelabuhan Utama Makassar.

“Pemberlakuan Inaportnet dimulai tahun 2015 sesuai dengan national single window. Sesuai dengan Peraturan Menteri 157 terkait penerapan Inaportnet ini, tiap tahun per 6 bulan sekali harus dilakukan evaluasi. Tahun ini kita menambah fitur dan aplikasi baru yang akan diterapkan Kementerian Perhubungan. Ini harus disosialisasikan,” papar Hasan Basri fajar.co.id, di sela-sela kegiatan.

Di samping itu, lanjutnya, kegiatan ini adalah untuk memperbaiki sistem layanan dari manual ke on line sehingga dapat meningkatkan Kinerja pelayanan operasional di pelabuhan sebagai salah satu strategis dalam menekan biaya tinggi logistik di pelabuhan.

Input atau capaiannya terhadap pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Utama Makassar terhadap tingkat efektifitas dan efisien penerapan Inaportnet terhadap pelayanan kapal dan barang melalui integrasi sistem BUP ke Inaportnet di pelabuhan Utama Makassar.

Bagikan berita ini:
5
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar