Tabung Gas Meledak dan Tewaskan Karyawan, Begini Penjelasan Damkar Gowa

Kamis, 3 Juni 2021 21:19

Lokasi peristiwa.

FAJAR.CO.ID, GOWA — Ledakan tabung gas yang menewaskan seorang karyawan di rumah makan Cang Kuning, Kabupaten Gowa rupanya tidak seperti yang warga kira.

Kepala Dinas Damkar Gowa, Rostam Razak, mengatakan, sejauh ini tidak pernah ada kasus tabung gas yang meledak. Yang ada hanya kebocoran.

“Sepengetahuan saya, tidak ada tabung yang meledak. Hanya ada kebocoran api dan ada pemetik api dan saklar listrik. Ini lah semua yang menimbulkan ledakan,” katanya, Kamis (3/6/2021).

Terkait kabar bahwa korban yang bernama Kamaruddin yang tewas saat hendak menceburkan tabung gas, ke dalam air di kamar mandi, kata Rostam, sebenarnya itu tak perlu dilakukan.

“Tidak perlu diceburkan ke air karena tetap gas keluar. Api tetap ada di atas air,” sambung dia.

Sebaiknya, jika ada tercium aroma gas yang sangat menyengat, yang perlu dilakukan hanya mencabut regulator dari tabung gas lalu membawa ke ruang terbuka.

Namun dengan catatan, saat hendak melepas regulator, pastikan tak ada aliran listrik yang menyala di sekitar kebocoran itu. Masyarakat juga perlu menyediakan kain basah jika api muncul dari sumber kebocoran tersebut.

“Kalau ada aroma gas, jangan nyalakan saklar listrik atau api karena gas mengisi ruang kosong. Termasuk di sela-sela baju. Ponsel juga bisa timbulkan api. Kalau begitu, copot regulator,” tandas Rostam kepada wartawan.

Bagikan berita ini:
2
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar