Cegah Angka Kematian Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Lakukan Ini

Jumat, 4 Juni 2021 22:46

ILUSTRASI: Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menggelar diskusi virtual dengan tema ‘Strategi Penanganan Kesehatan Berdasarkan Kajian Mortality Audit’, Jumat (4/6).

Ketua Subbidang Optimalisasi Fasilitas Kesehatan, Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Fathiyah Isbaniyah menjelaskan mengenai upaya yang dilakukan pihaknya dalam mencegah kenaikan angka kematian akibat Covid.

“Langkah konkritnya yaitu, kami dari BNPB juga bersama dengan Kemenkes, dan (organisasi) profesi melakukan peningkatan pengetahuan, pengetahuan ilmu, tata laksana ya Covid-19 ini, mulai dari yang sedang sampai yang kritis,” papar Fathiyah.

Perlu diketahui, jumlah angka kematian akibat Covid-19 meningkat sebanyak 1.767 dalam periode 28 Mei 2021 hingga 3 Juni 2021. Pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri, lanjut Fathiyah, perlu melakukan koordinasi dengan puskesmas agar kondisinya bisa terus dipantau tenaga kesehatan.”Apabila dia nanti gejala sedang, dia harus segera melaporkan untuk mendapatkan tatalaksana secepatnya,” kata Fathiyah.

Sebab, pasien yang melakukan isolasi mandiri memiliki gejala dan dibiarkan, bisa berpotensi memperberat kondisi pasien sehingga bisa berakibat fatal. (jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
10
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar