Cerita Daeng Sewang, 5 Tahun jadi Pawang Ular dan Pelihara Puluhan Ekor Tanpa Pernah Digigit

Jumat, 4 Juni 2021 15:12

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Namanya Daeng Sewang. Di usianya yang sudah menginjak 53 tahun, dia masih bergelut dengan dunia binatang. Utamanya ular.

Setiap harinya, Daeng Sewang menyediakan jasa foto bersama ular piton kesayangannya, kepada para pengunjung di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

Tarifnya pun terbilang murah. Hanya Rp10 ribu saja sampai puas. Uniknya, binatang reptil miliknya itu tak pernah mematok orang. Apalagi dirinya sebagai sang pawang.

Lima tahun menjadi pawang binatang reptil itu, Sewang mengaku tak pernah digigit sekalipun oleh ular miliknya tersebut.

“Tidak pernah menggigit. Biar saya. Dia juga tidak menggigit orang lain yang ambil dari kandangnya. Dia yang takut dengan manusia,” kata Sewang, saat ditemui, Jumat (4/6/2021).

Dia mengaku, ular sepanjang 3,5 meter dengan berat sekitar 40 kilogram itu jinak sejak masih berusia enam hari, sampai kini yang telah menginjak usia lima tahun.

Ular piton bercorak indahnya itu hanya memakan daging ayam dan bebek. Kalau daging manusia, ularnya itu menolak. Apalagi jika disuguhkan daging tikus.

“Kalau daging tikus, dia (ular) tidak suka. Mungkin jorok. Ular ini justru takut dengan manusia. Dan kami orang di rumah tidak ada yang takut dan tak pernah ada yang digigit,” tambah dia.

Sewang mengaku, ia telah menyediakan kamar khusus bagi ular yang menjadi sumber penghasilan tambahannya pada malam hari itu.

Bagikan berita ini:
4
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar