Jika IAS dan Danny Bentrok di Pilgub Sulsel, Siapa Jago?

Jumat, 4 Juni 2021 14:04

IAS dan Danny Pomanto. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Meski Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan baru berlangsung di 2024, terdapat beberapa figur yang secara terbuka menyatakan kesediaan untuk maju bertarung memperebutkan rekomendasi partai pengusung sebagai calon gubernur.

Diantara figur yang sejauh ini telah terang-terangan menyatakan kesediaan adalah Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Danny Pomanto (DP).

Danny Pomanto tengah disiapkan Partai NasDem untuk jadi calon gubernur Sulsel. Belum lama ini secara tegas, Walikota Makassar dua periode itu mengaku akan tunduk perintah partai. Katanya ia siap ikut instruksi partai, termasuk bertarung merebut kursi 01 Sulawesi Selatan.

IAS pun demikian. Fokusnya saat ini menggalang dukungan demi menduduki Ketua DPD Demokrat Sulsel. Setelah itu target IAS selanjutnya adalah berkontestasi di Pilgub.

“Saya pernah maju sebagai calon Gubernur. Saya merasa karir politik saya belum habis. Banyak orang-orang non partisan yang menginginkan saya. Tapi semua tergantung dari hasil pemilu. Jika saudara inginkan saya maju di Pilgub, bantu saya menangi Demokrat di Pemilu 2024,” tegas mantan Walikota Makassar itu.

Sosiolog Universitas Hasanuddin, Dr Sawedi Muhammad menyebut kedua figur ini masing-masing memiliki modal sosial dan modal politik untuk bertarung sebagai calon gubernur.

Hanya saja terdapat beberapa pertimbangan mengenai kedua figur ini sebelum mendapatkan dukungan dari partai politik.

Pertama, IAS sudah beberapa tahun menghilang dari panggung politik sejak kasus hukum yang menimpanya.

Bagikan berita ini:
10
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar