Komisi IX Sebut Penyekatan Mudik Bantu Menekan Penyebaran Covid-19

Jumat, 4 Juni 2021 21:35

PANTAU KETAT: Petugas menghentikan warga dengan nopol kendaraan luar Surabaya ketika melakukan pemantauan di salah satu ...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Langkah penyekatan dan pengetatan di sejumlah perbatasan wilayah dinilai efektif menekan penyebaran COVID-19 dampak libur Lebaran.

Anggota Komisi IX DPR Darul Siska menyebutkan penyekatan mudik yang dilakukan Polri dalam Operasi Ketupat 2021 di Jawa, Bali dan Sumatera berkontribusi menurunkan penyebaran COVID-19.

“Penyekatan belum sepenuhnya efektif tetapi telah membantu mengurangi penyebaran COVID-19 dan orang terpapar baik di daerah tujuan mudik dan maupun di kota tempat mereka bermukim atau bekerja,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6).

Dikatakannya, Operasi Ketupat Polri dalam rangka mendukung kebijakan peniadaan mudik Lebaran 2021 dilakukan dengan pendekatan tegas namun humanis kepada masyarakat. Sebanyak 381 pos penyekatan tersebar dari Palembang hingga Bali telah memaksa ratusa ribu kendaraan putar balik balik karena tak memenuhi persyaratan melakukan perjalanan.

“Penyekatan tersebut tentu berkontribusi bagi penurunan potensi angka penyebaran COVID-19,” katanya.

Selain itu, Polri juga melaksanakan operasi kemanusiaan dengan menyediakan layanan tes cepat antigen secara acak di sejumlah pos penyekatan, selama arus mudik dan arus balik.

“Pada waktu penyekatan juga dilakukan pemeriksaan surat keterangan atau bukti negatif COVID-19,” ujarnya.

Politisi Golkar ini menyebutkan, pelaksanaan operasi penyekatan tersebut masih terdapat beberapa catatan yang akan menjadi bahan evaluasi ke depannya.

Tanpa merinci apa yang menjadi catatan, Darul menilai penyekatan mudik berkontribusi dapat mengurangi pertumbuhan virus corona yang jauh lebih tinggi.

Bagikan berita ini:
4
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar