Pesepeda Terobos Lampu Merah, Polisi: Belum Ada Aturan Kendaraan Bertenaga Manusia

Jumat, 4 Juni 2021 19:52

Potongan video pesepeda terobos lampu merah. (Screenshot)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Polisi belum bisa bertindak terkait aksi sejumlah pesepeda yang nekat menerobos lampu merah di simpang empat Jalan Haji Bau, Makassar.

Alasannya, pasal atau aturan soal penindakan terhadap pengendara yang menggunakan tenaga manusia itu belum ada. Lokasi itu tak memiliki jalur khusus pesepeda.

“Untuk kendaraan sepeda yang menggunakan tenaga manusia tentunya kita harus bicarakan dengan instansi terkait,” kata Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Erwin Syah, Jumat (4/6/2021).

Tidak hanya polisi yang harus bekerja, Dinas Perhubungan juga harus ikut terlibat dalam mencari solusi terkait masalah ini.

“Kita libatkan stakeholder terkait, semisal Dinas Perhubungan dan instansi yang mengurusi jalan. Harus dipersiapkan lajur khusus, sehingga apabila keluar dari jalur khusus itu tentunya ada sanksi-sanksi yang akan diberlakukan,” tegas perwira polisi satu melati ini.

Sebelumnya, viral di media sosial, sejumlah pengendara sepeda nekat menerobos lampu merah di perempatan Jalan Haji Bau, Kota Makassar.

Padahal, pengendara yang ada di sampingnya, termasuk si perekam video berhenti saat lampu tersebut menunjukkan warna merah. Namun, pesepeda itu justru menerobos.

Beruntung dalam video berdurasi sembilan detik itu, tidak ada pengendara mobil atau motor dari arah lain, yang menabrak pesepeda tersebut. (ishak/fajar)

Bagikan berita ini:
9
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar