Tekan Penyebaran Covid-19, Polda Jatim Tegaskan Prokes di Bandara Internasional Juanda Sesuai SOP

Jumat, 4 Juni 2021 19:07

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat meninjau bandara Internasional Juanda. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Polda Jawa Timur (Jatim) memastikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di Bandara Internasional Juanda berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Penumpang yang datang dilakukan pengecekan suhu tubuh, pengisian kartu kewaspadaan kesehatan atau Electronic – Health Alert Card (E-HAC).

Penumpang yang terdeteksi menunjukkan gejala Covid-19 akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Penumpang tersebut akan dilakukan test PCR dan dikarantina jik hasilnya Positif.

“Penerapan prokes terhadap seluruh penumpang baik yang datang maupun pergi melalui bandara Juanda selalu dilakukan pemeriksaan dokumen dan penyelidikan epidemologi,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

“Kemudian di arahkan ke Asrama Haji untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dilakukan karantina terpusat selama dua hari, dan dilakukan swab, jika positif maka akan dirujuk ke RS Covid, namun bila negatif maka tetap dilakukan karantina setelah 2 hari,” imbuhnya.

Gatot menjelaskan, setelah para penumpang menjalani karantina di Surabaya, selanjutnya mereka menjalankan karantina selama 3 hari yang terpusat di kabupaten/kota. Baru pada hari ke 5 dilakukan swab kedua.

“Bila positif dirujuk ke Rumah Sakit Covid daerah, bila negatif akan dipulangkan ke rumah masing-masing, untuk lakukan isolasi mandiri dan dilakukan pengawasan oleh petugas PPKM Mikro, dan hingga saat ini pelaksanaan Prokes bagi PMI terus dilakukan” pungkasnya.

Bagikan berita ini:
3
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar