8 Kabupaten di Selatan Jawa Timur yang Potensi Dilanda Tsunami

Sabtu, 5 Juni 2021 11:30

Ilustrasi (DOK/RADAR SURABAYA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG)  menyebut ada peningkatan aktivitas kegempaan di Jawa Timur. Selain itu, ada sejumlah wilayah yang berpotensi tsunami jika dilanda gempa yang cukup besar.

Laporan dari BMKG ini membuat BPBD Jawa Timur telah memetakan delapan kabupaten di Jatim yang masuk daerah rawan tsunami kategori tinggi. Tsunami di Jawa Timur ini sewaktu-waktu bisa terjadi apabila ada gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitudo 6,5.

Delapan Kabupaten yang rawan tsunami dengan risiko tinggi, menurut BPBD Jatim, ada di Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

“Jadi di Selatan Jawa Timur itu ada delapan  kabupaten berdasarkan banyak kajian dari BMKG, BNPB. Selatan Jatim itu zona rawan bencana tsunami kategori tinggi, termasuk itu rawan daerah bencana gempa bumi tinggi,” jelas Plt Kalaksa BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi.

Yanuar menjelaskan, delapan  daerah di bagian selatan Jatim yang rawan tsunami disebabkan oleh megathrust. Setiap tahun, ada lempeng yang bergerak di zona itu. “Karena di Selatan Jawa ada megathrust. Itu pertemuan lempeng, setiap saat bergerak, sekitar 7 mm per-tahun bergerak,” jelasnya.

Megathrust sesungguhnya bisa diartikan sesuai dengan kata penyusunnya. Mega berarti besar, sementara thrust berarti dorongan. Dorongan di sini adalah gerak sesar naik yang dapat menimbulkan gempa dan tsunami.

Bagikan berita ini:
9
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar