Perkuat Akses Informasi Publik, Kemenkumham Siapkan Database Melalui SIPP

Minggu, 6 Juni 2021 12:06

IST

Fajar.co.id, Yogyakarta — Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama kemenkumham Heni Susila mengatakan untuk memperkuat akses informasi tentang pelayanan publik, Kementerian Hukum dan HAM kini mengelola Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) mulai dari pemberian informasi, pelayanan, hingga ke pengaduan pelayanan.

“Ini semua bagian dari Reformasi Birokrasi bidang Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” ujar karo Heni pada Sosialisasi Pengelolaan SIPP di Kanwil Kemenkumham DIY.

“Untuk itu sejak 31 maret 2021 telah ada Pedoman tentang Pengelolaan SIPP dan ditargetkan seluruh unit utama, kanwil, dan UPT sudah rampung mengisi layanan publiknya di SIPP,” ucap Heni.

SIPP merupakan situs (www.sipp.menpan.go.id) yang dikembangkan Kementerian PAN-RB, dimaksudkan dapat menjadi database seluruh pelayanan publik di Indonesia dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 13 Tahun 2017, tujuan SIPP adalah terwujudnya pengawasan dan partisipasi masyarakat yang efektif, terwujudnya keterpaduan informasi pelayanan publik, dan tercegahnya penyalahgunaan kewenangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Bagikan berita ini:
8
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar