Polemik TWK Pegawai KPK, Komnas HAM Layangkan Panggilan kepada Firli Bahuri

Minggu, 6 Juni 2021 22:40

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam mengatakan telah melayangkan surat pemanggilan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Pemanggilan terhadap Firli dilakukan guna kepentingan pemeriksaan terkait laporan dugaan pelanggaran HAM dalam materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan terhadap pegawai KPK.

“Yang pasti surat pemanggilan sudah kami layangkan dengan waktu yang patut dan kami berharap baik pimpinan KPK maupun pihak-pihak yang lain yang sudah mendapatkan panggilan dari Komnas HAM untuk bekerjasama kepada Komnas HAM memberikan berbagai informasinya agar publik mengetahui apa sejatinya kasus ini,” ujar Anam dalam diskusi daring, Minggu (6/6).

Dia mengatakan, penjelasan Firli penting untuk mengungkap terangnya peristiwa yang diduga melanggar HAM. Dia yakin, surat panggilan terhadap Firli itu sudah dikirim langsung kepada pihak terkait.

“Ini untuk menjernihkan apakah memang ini bagian dari peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) ataukah bukan. Jadi kalau ditanyakan dipanggil pekan depan sudah kami layangkan, kami panggil dengan waktu yang patut,” katanya.

Dikatakan Anam, surat yang dilayangkan Komnas HAM kepada pihak-pihak terkait itu semestinya telah diterima oleh yang bersangkutan.

Oleh karena itu, dia berharap kerja sama pihak-pihak yang dipanggil itu untuk menjelaskan duduk perkara kemelut di KPK.

“Surat sudah saya tandatangani kemarin, kami cek juga udah udah dikirimkan secara langsung ke berbagai institusi oleh karenanya kami menduga surat tersebut sudah diterima karena memang ada surat tanda terima dan kami benar-benar berharap bahwa semua pihak yang kami Panggil itu bersedia datang dan bekerjasama dengan baik,” katanya.

Bagikan berita ini:
2
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar