5G Dorong Hadirnya Banyak Smart City di Indonesia

Senin, 7 Juni 2021 18:40

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi meyakini bahwa kehadiran teknologi 5G akan mendorong hadirnya lebih banyak kota cerdas (smart city) di Indonesia.

Selain itu, kehadiran 5G pun diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan ekonomi digital guna mensejahterakan masyarakat Indonesia.

“5G ini juga mendorong tumbuhnya smart city. Jadi kalau sekarang ini kita bicara tentang ibu kota negara baru misalnya, itu otomatis 5G ini tidak bisa dilupakan untuk segera diadopsi di sana,” ujar Heru Sutadi dalam Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar secara virtual bertajuk “Indonesia Maju dengan 5G”, Senin (7/6/2021).

Selain itu, kota- kota yang ada di Indonesia pun harus mengoptimalkan dan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk perkembangan ekonomi, layananan pemerintahan dan lain sebagainya.

“Kalau saya melihat bahwa kita jangan hanya menjadi pasar dari teknologi, tetapibagaimana kita memanfaatkan teknologi ini untuk dapat mengembangkan ekonomidigital Indonesia untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia,” kata dia.

Untuk itu, dirinyapun berharap agar Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo) bisa segera mempersiapkan dan mengembangkan ekosistem secara menyeluruh demi penerapan 5G. Dari pengalaman sebelumnya di 3G dan 4G, jelas Heru, setidaknya membutuhkan waktu dua tahun untuk melihat perkembangan 5G.

“Nanti kita bicara apa yang bisa dimanfaatkan dari 5G. Jika sekedar hanya akses internet mungkin perkembanganya akan lambat, tapi jika dia bisa mendorong perkembangan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi masyarakat maka akan lebih cepat perkembanganya,” jelas Heru.

Bagikan berita ini:
8
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar