Jadi Komoditas Andalan, Porang dan Sarang Walet Siap Genjot Ekspor Pertanian

Senin, 7 Juni 2021 14:14

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sektor pertanian tumbuh positf pada triwulan II 2020 PDB sektor pertanian tumbuh 16,24 persen q to q. Ekspor produk pertanian juga menunjukkan kinerja yang menggembirakan.

Badan Pusat Statistik mencatat, nilai ekspor kumulatif selama Januari- Desember 2020 mencapai 451,8 triliun atau meningkat 15,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar 390,2 triliun.

Guna meningkatkan nilai ekspor pertanian, Kementerian Pertanian menetapkan porang dan sarang burung walet sebagai komoditas super prioritas.

“Ekspor di bidang pertanian meningkat 15 persen dengan nilai kurang lebih Rp 500 triliun. Karena itu porang dan sarang burung walet masuk dalam program super prioritas,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan resminya, Senin (7/6/2021).

SYL akhir pekan lalu secara khusus meninjau kebun porang dan sarang burung walet di Desa Talumae, Kecamatan Watan Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dikatakan, potensi porang dan sarang walet sangat menjanjikan. Terlebih, kedua komoditas ini baru ditangani satu tahun terakhir. Mantan Gubernur Sulsel dua periode itu berharap ke depan ekspor dua komoditas super prioritas ini makin meningkat.

Sejumlah kementerian akan berkolaborasi dalam pengembangan kedua komoditas. Kementerian Pertanian, l bergerak di sisi pengembangan budidaya dan produksi.

Sementara Kementerian Perindustrian bertugas membina industri pengolahan. Lalu, Kementerian Perdagangan untuk urusan pasar dan ekspor.

Bagikan berita ini:
7
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar