Jalur Sepeda di Makassar, Pengamat Sarankan Pemkot Manfaatkan Trotoar

Senin, 7 Juni 2021 21:48

Ilustrasi jalur sepeda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar berencana membuat jalur khusus sepeda. Dari Karebosi hingga ke Jalan Penghibur.

Pengamat Transportasi Univeristas Muslim Indonesia (UMI), Prof Lambang Basri Said mengatakan, sebaiknya Pemkot memanfaatkan trotoar. Sebab selama ini kurang diminati pejalan kaki.

“Jadi paling tidak disarankan untuk tidak melalui lajur yang sudah ada. Kalau berkaca di luar negeri jalur sepeda itu satu lane dengan pejalan kaki atau lajur lambat. Jadi biasanya pakai trotoar,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Lambang menilai penerapan akan lebih efektif dengan memanfaatkan trotoar jalan alih-alih menerapkan jalur baru.

Selain keselamatan pesepeda, Lambang menilai, membuat jalur khusus di badan jalan akan mempersempit ruas jalan yang ada. Sehingga berpotensi memperlambat pengendara.

Dia mengatakan pemkot perlu membenahi trotoar dengan memperlebar dan memberikan jalur hijau, upaya ini disebutnya mempu menyelesaikan persoalan PKL, parkir liar dan isu jalur khusus bagi pejalan kaki, dimana ke depan diklaim akan lebih tertata.

“Jadi trotoarnya diperlebar, sekaligus itu mengeleminir pedagang kaki lima, parkir, nah itu. Ini juga mendorong orang kalau sudah baik untuk menggunakan trotoar maksudnya kalau sudah hijau, rata, tidak ada pedagang kaki lima, parkir orang pasti mau gunakan. Jadi kalau barang beberapa kilo orang bawaannya pasti naik sepeda ke kantor,” terangnya.

Bagikan berita ini:
2
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar