Prediksi DKI Jakarta akan Tenggelam pada 2050, Pakar Tata Ruang Nilai Bukan Mustahil

Senin, 7 Juni 2021 22:32

Ilustrasi banjir di Jakarta beberapa waktu lalu. (Widodo S. Jusuf/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pakar tata ruang Universitas Gadjah Mada menyebut prediksi Jakarta bakal tenggelam pada 2050 bukan hal yang mustahil. Hal tersebut juga sebagai peringatan berbagai pihak untuk membenahi aspek tata ruang.

”Saya kira ini bukan sesuatu yang mustahil, tapi keniscayaan yang akan terjadi kalau Jakarta tidak secara cermat melakukan pengelolaan pembangunan. Ini suatu peringatan yang kita perlu perhatikan,” kata Pakar tata ruang Universitas Gadjah Mada Bambang Hari Wibisono seperti diansir dari Antara di Jogjakarta, Senin (7/6).

Sejumlah pakar dan lembaga riset dalam beberapa tahun terakhir memberikan prediksi bahwa Jakarta akan tenggelam dalam beberapa puluh tahun mendatang. Laporan terbaru yang dirilis Fitch Solutions Country Risk & Industry Research, misalnya, menyebut pada 2050 sebagai tahun di mana Jakarta akan tenggelam. Hal itu sebagai akibat dari sejumlah persoalan yang dihadapi saat ini.

Menurut Bambang, prediksi-prediksi semacam itu menjadi peringatan penting akan ancaman yang dihadapi Jakarta pada masa mendatang. Sehingga dituntut upaya serius untuk dilakukan saat ini.

Isu penurunan permukaan tanah telah menjadi perhatian dari para ahli sejak 10 hingga 15 tahun lalu. Banyak pula yang memberikan peringatan serta pendapat tentang apa yang seharusnya dilakukan di Jakarta.

Salah satu hal yang menurut Bambang Hari Wibisono, penting dilakukan adalah menggunakan instrumen penataan ruang secara ketat. ”Tata ruang harusnya sudah mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, mana yang merupakan kawasan budi daya yang bisa dikembangkan dan mana kawasan yang memiliki fungsi lindung,” papar Bambang Hari Wibisono.

Bagikan berita ini:
6
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar