Serapan Lamban, Pemprov Tak Bisa Cairkan Pinjaman Rp400 Miliar dari PT SMI

Senin, 7 Juni 2021 12:30

Ilustrasi pinjaman daerah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum bisa mencairkan pinjaman tambahan yakni dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari PT Sara Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp400 miliar.

Pasalnya, hingga saat ini pemprov belum bisa menyerap anggaran Rp900 miliar yang sudah dipinjamkan sebelumnya. Untuk mendapat pencairan Rp400 miliar atau sisa dari total pinjaman Rp1,338 triliun yang diberikan PT SMI, harus terserap 90 persen (Rp900 miliar) dari dana yang sudah dicairkan.

Kepala Bidang Perbendaharaan Daerah, Salehuddin mengatakan, masih ada Rp255 miliar yang belum terserap. Padahal, pemprov telah diberikan kesempatan hingga 31 Mei kemarin.

Kendati demikian, ia bersyukur PT SMI telah memberikan perpanjangan hingga Juli mendatang. Intinya kata dia, pembayaran terhadap proyek yang sudah dikerjakan, itu diperpanjang.

“Alhamdulillah masih di perpanjang lagi, ini kan PEN dana pemilihan ekonomi jadi diberikan perpanjangan sampai akhir Juli,” kata Salehuddin, Minggu (6/6/2021).

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, untuk proyek yang harusnya berakhir di 31 Mei lalu sudah dievaluasi. Ia menegaskan, ada proyek yang diperpanjang, ada yang diputus kontraknya.

“Untuk yang memenuhi syarat ini masih kita evaluasi dulu. Tunggu dulu hasilnya. Ini masih dievalusi dulu oleh PUTR,” jelasnya, Jumat, (4/6/2021). (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
9
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar