Tanggapi Batalnya Haji Tahun Ini, Ustaz Khalid Basalamah: Sabar, Semua Ada Hikmahnya

Senin, 7 Juni 2021 11:37

Ustaz Khalid Basalamah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ustaz Khalid Basalamah ikut menanggapi terkait batalnya jema’ah haji tahun ini untuk berangkat ke tanah suci mekkah.

Ustaz Khalid menyatakan bahwa para calon jemaah haji yang batal untuk menunaikan ibadah haji sebaiknya bersabar.

Sebab di balik pembatalan keberangkatan oleh pemerintah itu pasti ada hikmah atau pesan dibaliknya yang bisa dipetik.

Apalagi kondisi pandemi COVID-19 harus diakui memang belum kunjung membaik.

“Sabar, sabar. Dianjurkan kepada seluruh WNI yang sudah mendaftar haji, sabar. Pasti semua ada hikmahnya,” kata ustaz Khalid Basalamah dalam program Blak-blakan yang tayang di detikcom, Jumat (4/6/2021).

Ia kemudian mengambil contoh saat Perang Khandak. Kala itu Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dilarang untuk umrah oleh kaum Quraisy yang membawa 3000 pasukan.

Padahal, kata Khalid Basalamah, Nabi dan para sahabat sudah memasuki wilayah Haram dan menggunakan baju Ihram.

Ketika para sahabat menyarankan untuk melawan saja, Nabi justru melarang. Pada saat itu juga Allah SWT menyuruh mereka untuk pulang dan melaksanakan umrah kembali pada tahun selanjutnya.

“Ternyata hikmahnya, tahun depannya mereka, subhanallah mampu pergi umrah dengan kondisi orang-orang Mekkah mengikuti dan sesuai dengan kesepakatan mereka sehingga umat islam leluasa untuk menjalankan ibadah itu. Dan setelah itu umat islam diizinkan Allah untuk membebaskan kota Mekkah, dan sampai sekarang bisa melakukan haji dan umrah (kecuali di masa pandemic Covid),” jelas ustaz kelahiran Makassar, 1 Juni 1975 itu.

Bagikan berita ini:
3
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar